Minggu, 02 April 2017

cara membuat warna basis bersama fauzi

Cara Membuat Warna Baris Data Berselang-seling Pada Excel

Cara Membuat Warna Baris Data Berselang-seling Pada Excel

Salah satu cara untuk membuat pembacaan data lebih mudah dalam Excel adalah dengan membuat bayangan background (warna) pada tiap-tiap barisnya berselang-seling warnanya.

Jadi deretan urutan barisnya mudah dikenali dalam pembacaannya. Hal ini dapat mempermudah apabila data tiap baris terdapat data yang banyak serta terdiri beberapa angka yang hampir mirip. Seperti contoh daftar siswa berikut ini:

Langkah-langkah membuatnya sebagai berikut:

Buka data Excel Anda yang akan dibuat warna pada baris data berselang-seling.

Sorot seluruh range yang berisi data yang akan diberi warna berselang-seling.


Lalu pada menu Home pilih Conditional Formating

Pada dialog yang terbuka pilih New Rule.


Pada dialog box berikutnya pilih "Use a formula to determine whichcells to format"

Pada formula bar ketikkan formula berikut :

=MOD(ROW();2)<>0 


Lalu klik tombol Format untuk membuka dialog format cell nya.

Pilih menu Fill dan tentukan kondisi warna selang yang di inginkan. Dalam contoh saya pilih warna orange muda, lalu klik OK


Maka akan tampak satu sample format kondisi warna yang disetting tadi, seperti tampak pada gambar ,

Klik OK untuk mengkonfirmasi dan menutup dialog.

Warna baris data tersebut tidak akan hilang atau terhapus saat Anda menghapus isi data pada range tersebut. Juga saat anda menyisipkan baris baru ataupun menghapus sebagian baris datanya.

Cara Mengetahui Data Kosong Dengan Conditional Formating

Cara Mengetahui Data Kosong Dengan Conditional Formating

Katika Anda bekerja di Excel dan ternyata data isian sangatlah banyak dan kompleks, maka kadang Anda akan kesulitan dalam mengisi serta mengontrol data mana yang masih kosong atau belum terisi dalam sebuah sel data dalam sebuah worksheet.


Ada cara yang cukup sederhana dalam mengontrol yaitu dengan Conditional Formating

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Sorot atau pilih cell yang akan dilihat datanya


2. Pilih menu Home lalu pilih Style dan pilih Conditional Formating dan pilih New Rule


3. Pilih “Select a Rule Type” dan pilih Format only cells that contain

4. Sedangkan pada “Edit the Rule Description:” Cell value diganti dengan Blanks


5. Kemudian klik tombol Format dan pilh tab Fill dan ganti dengan warna kuning (misalnya)


6. Klik OK dan klik OK

Fungsi Vlookup dengan Sel Kosong Pada Excel

Fungsi Vlookup dengan Sel Kosong Pada Excel

Penggunaan fungsi Vlookup pada Microsoft Excel akan menghasilkan nilai 0, apabila kunci pencarian dalam nomor indeks kolom merupakan sel kosong.

Langkah berikut dapat Anda gunakan untuk menggantikan nilai 0 dengan teks yang Anda buat sendiri

Buka file yang akan diganti nilai 0 menjadi kosong atau bisa juga menjadi teks, seperti contoh berikut (Anda dapat mendownload file latihannya disini)


Lalu pada sel D4 tulislah rumus =VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2) dan tekan Enter,


Kemudian drag kebawah dari sel D4 hingga sel D10, maka pada sel D7 akan menampilkan nilai 0, dikarenakan pada data referensi pada kode JKT tidak ada data pembandingnya.


Agar sel pada data yang kosong tidak menampilkan nilai 0, maka gantilah rumus =VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2) menjadi =IF(LEN(VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2))=0;" ";VLOOKUP(C4;$F$4:$G$10;2)) lalu Enter.


Maka pada sel D7 tidak akan menampilkan nilai 0 tetapi hanya berupa sel kosong.

Menghitung Suatu Range Secara Otomatis Pada Excel

Menghitung Suatu Range Secara Otomatis Pada Excel

Apabila Anda hendak menghitung suatu range data numerik, maka Excel menyediakan cara penghitungan yang praktis tanpa harus mengetikkan fungsi maupun formulanya.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Buatlah data misalnya seperti berikut: (untuk contoh dapat Anda lihat disini)

Lalu blok data-data yang akan dihitung (dari sel D5 sampai sel D24)


Lihatlah pada status bar yang terletak dibawah layar telah ditampilkan total data Anda.


Untuk melihat fungsi-fungsi diatas, Anda dapat melihat tanda centang pada AutoCalculate yang dapat Anda lihat dengan cara:

Klik kanan pada mouse di area status bar yang menampilkan AutoCalculate.


Langkah ini akan menampilkan sebuah menu pop up dengan pilihan fungsi-fungsi yang akan dipakai untuk ditampilkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar